Lesson Based on Internet

Pecahan

1. Definisi Pecahan

Dalam kehidupan sehari-hari, pernahkah kamu melihat benda-benda yang telah terbagi menjadi beberapa bagian yang sama?
Misal:
1. roti terbagi menjadi tiga bagian yang sama,
2. kertas dipotong menjadi dua bagian yang sama,
3. jeruk terbagi menjadi beberapa bagian yang sama,
4. skala centimeter pada mistar terbagi men- jadi sepuluh skala milimeter.
Semua bagian yang sama itu berkaitan dengan pecahan.

perhatikan gambar berikut:  3

Sebuah jeruk mula-mula dibagi menjadi dua bagian yang sama. Satu bagian jeruk dari dua bagian yang sama itu disebut “satu per dua” atau “seperdua” atau “setengah” dan ditulis “1/2 ”. 1 menyatakan jeruk utuh semula, dan 2 menyatakan bagian jeruk yang telah dipotong. maka disebut 1/2.

bilangan 1/2 disebut bilangan pecahan. Selanjutnya disepakati sebutan bilangan pecahan disingkat menjadi “Pecahan“. (Wintarti, Atik dkk: 24: 2008)

nah, untuk menguji pemahaman kalian tentang pecahan,  coba perhatikan gambar dibawah ini dan  jawab pertanyaan.

127459_ilustrasi-gelas-pecah_663_382
“Sebuah gelas jika terkena getaran dapat pecah berkeping-keping. Bagian pecahannya lebih kecil daripada ketika gelas masih utuh. Menurut kalian, sama- kah jumlah seluruh pecahan gelas de- ngan satu gelas utuh?”

jika kamu dapat menjawab pertanyaan tersebut, dan menjelaskan jawabanmu, maka kamu akan memahami pengertian bahwa “pecahan merupakan bagian dari keseluruhan”.

Selanjutnya, Lihat gambar, dan coba sebutkan berapa nilai pecahan untuk masing-masing bagian yang diarsir berikut.

ax

bx

Jawab: a. 1/3 b. 3/6.

jika kamu dapat menjelaskan mengapa gambar a menyatakan 1/3 bagian dan bagian b menyatakan 3/6 bagian, artinya kalian sudah memahami apa itu bilangan pecahan.

Secara umum, kita dapat mendefinisikan bahwa:

definisi pecahan

2. Pecahan Senilai

Coba perhatikan dengan seksama ketiga daerah yang diarsis pada lingkaran dibawah ini ! Apa yang kalian temukan???

a

=1/4

b

=2/8

c

=3/12

jika kalian perhatikan lebih seksama, kalian akan temukan bahwa ketiga besar atau luas daerah tersebut sebenarnya sama, hanya saja banyak jumlah potonganya yang berbeda. hal ini berarti 1/4, 2/8, dan 3/12 senilai. Sekarang coba perhatikan bilangan 1/4, 2/8, dan 3/12. adakah kalian temukan hubungan ketiga bilangan tersebut?

jika kalian menemukan bahwa untuk membuat 1/4 menjadi 2/8 dan 3/12 atau sebaliknya, ada bilangan pengali yang sama untuk penyebut dan pembilang. misalnya, 2/8= ax1/ax4 temukanlah bilangan pengali (a) tersebut !

Setelah kalian menemukanya, maka coba juga untuk membuat 3/12 menjadi 1/4. temukan  berapa bilangan pengali yang menghubungkan mereka.

Apabila kalian telah menemukan bilangan pengali tersebut, kalian akan lebih mudah memahami bahwa

q

coba jelaskan, mengapa terdapat pernyataan “kecuali nol”???

3. Menyederhanakan Pecahan

Kalian telah mengetahui cara menentukan pecahan senilai, yaitu dengan mengalikan atau membagi pembilang dan penyebutnya  dengan bilangan yang sama, kecuali nol (0). Sekarang, perhatikan cara menemukan pecahan-pecahan senilai berikut.

e

r

ty

Pecahan 2/3 diatas tidak dapat dibagi lagi selain dengan 0, dalam hal ini 2/3 merupakan bentuk paling sederhana.

maka dapat kita tuliskan,

qq

Agar lebih memahami beberapa materi yang telah diuraikan diatas, coba kerjakan soal-soal berikut.

w

sebagai alat bantu belajar, silahkan download power point tentang materi pecahan berikut.

PPT Pecahan Ria Revisi , untuk melihat power point tsb, dapat kalian lihat di

http://www.slideshare.net/riapuspitasariii/ppt-pecahan-ria-revisi

kalian dapat pula belajar materi pecahan secara online disini.

1.http://uk.ixl.com/math/year-7, pilih Fractions.

 

4. Mengubah pecahan ke bentuk desimal

untuk lebih jelas, mari kita lihat video berikut. klink link dibawah ini, tunggu video playing.

http://www.mathplayground.com/howto_fractions_decimals.html

untuk membagi pecahan desimal, yuk tonton video pecahan dibawah ini

http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=Gn2pdkvdbGQ

5. Membandingkan Pecahan

klik link berikut, . http://www.mathplayground.com/howto_comparefractions.html.

Selamat Belajar, Semoga sukses. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s